/* menu 1 */
  • Home
  • Daftar Isi
  • Free Counter

Jumat, 24 Desember 2010 Local Area Network


LAN

Posted on Mei 14, 2008 by unirowonline


Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1.    Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2.    Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3.    Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.
Wide Area Network




Suatu Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komputer yang mencakup beberapa daerah jarak, yang dapat tersebar di seluruh dunia. WAN sering menghubungkan beberapa jaringan yang lebih kecil, seperti jaringan area lokal (LAN) atau jaringan area metro (MAN). WAN di dunia yang paling populer adalah Internet. Beberapa segmen dari Internet juga WAN dalam diri mereka sendiri. Perbedaan utama antara teknologi WAN dan LAN adalah skalabilitas C WAN harus mampu tumbuh yang diperlukan untuk menutup berbagai kota, bahkan negara dan benua.


Satu set switch dan router saling berhubungan membentuk Wide Area Network. The switch dapat terhubung dalam topologi berbeda seperti mesh mesh penuh dan setengah. A wide area network mungkin milik swasta maupun disewa dari penyedia layanan, tetapi istilah biasanya berkonotasi masuknya jaringan publik (pengguna bersama).

Baik switching paket dan rangkaian switching teknologi yang digunakan dalam WAN. Packet switching memungkinkan pengguna untuk berbagi sumber daya carrier umum sehingga pembawa dapat membuat lebih efisien penggunaan infrastruktur. Dalam packet switching setup, jaringan mempunyai koneksi ke jaringan operator, dan berbagi banyak pelanggan jaringan carrier. carrier kemudian dapat membuat sirkuit virtual antara lokasi pelanggan dengan mana paket data dikirim dari satu ke yang lain melalui jaringan.


Circuit Switching memungkinkan sambungan data yang akan dibuat bila diperlukan dan kemudian dihentikan ketika komunikasi selesai. Ini bekerja seperti sebuah karya saluran telepon biasa untuk komunikasi suara. Integrated Services Digital Network (ISDN) adalah contoh yang baik dari switching sirkuit. Ketika sebuah router memiliki data untuk situs terpencil, circuit switched dimulai dengan jumlah rangkaian jaringan remote.

WAN Diagram Software


Jaringan Edraw Diagram sangat ideal untuk network engineer dan desainer jaringan yang perlu untuk menggambar diagram wan. Hal itu didefinisikan beberapa simbol umum WAN digunakan dalam menggambar diagram WAN.

Contoh Teknologi Wide Area Network

Contoh Teknologi Wide Area Network Dibuat oleh Edraw!

Wide Area Network Cisco WAN Topologi Jaringan WAN

Virtual private network (VPN) adalah tecnology banyak digunakan dalam jaringan diaktifkan publik (PSTN) untuk menyediakan WAN pribadi dan aman bagi suatu organisasi. VPN menggunakan enkripsi dan teknik lain untuk membuatnya tampak bahwa organisasi tersebut memiliki jaringan yang berdedikasi, sementara memanfaatkan infrastruktur bersama WAN.



teknologi WAN umumnya fungsi pada tiga lapisan yang lebih rendah dari model referensi OSI: lapisan fisik, lapisan data link, dan lapisan jaringan. Kunci teknologi sering ditemukan di WAN meliputi SONET, Frame Relay, X.25, ATM dan PPP.

    * ATM: Sebuah switching khusus-sambungan teknologi yang mengatur data digital menjadi unit sel 53 byte. Individu, sel diproses asynchronously relatif terhadap sel terkait lainnya dan antrian sebelum multiplexing atas jalur transmisi. Kecepatan pada jaringan ATM bisa mencapai 10 Gbps.
    * Frame Relay: (FR). Sebuah kecepatan tinggi packet-switched data layanan komunikasi, mirip dengan X.25. Frame relay digunakan secara luas untuk LAN-to-LAN interkoneksi layanan, dan sangat cocok dengan tuntutan bursty lingkungan LAN.
    * SONET / SDH: Synchronous Optical Network adalah standar internasional untuk komunikasi kecepatan tinggi melalui jaringan serat optik. The SONET menetapkan Optical Carrier (OC) tingkat dari 51,8 Mbps sampai dengan 10 Gbps (OC-192) atau bahkan lebih tinggi. Synchronous Digital Hierarchy (SDH) adalah setara Eropa SONET.

    * X.25: Protokol X.25 memungkinkan komputer pada jaringan publik yang berbeda untuk berkomunikasi melalui komputer perantara di tingkat lapisan jaringan.
    * PPP: Sebuah link point-to-point menyediakan, tunggal pra-didirikan WAN jalur komunikasi dari tanah dan bangunan pelanggan melalui jaringan operator, seperti perusahaan telepon, ke jaringan remote. baris Point-to-point biasanya disewa dari operator dan dengan demikian sering disebut jalur sewa. Untuk jalur point-to-point, carrier mengalokasikan pasang kawat hardware dan fasilitas untuk baris Anda saja.


IP juga dapat dianggap sebagai teknologi WAN di lingkungan packet switching.
Simbol Arsitektur Jaringan


Beberapa simbol pemetaan jaringan untuk insinyur jaringan. Menyediakan Teknologi Graphics umum untuk Pemetaan Jaringan.
jaringan simbol
rinci diagram jaringan
jaringan lokasi simbol
Anda dapat menemukan lebih banyak simbol untuk diagram WAN di sini.
Beberapa contoh Topologi Jaringan Wide Area


Metropolitan Area Network atau disingkat dengan MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya.

Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.


Bantu Shere lewat ya...

0 koment:

Posting Komentar